Selasa, 24 Februari 2015

strategi pembelajaran

Memahami dan menganalisis strategi pembelajaran
Menurut  Sanjaya, (2007 : 126). Dalam dunia pendidikan, strategi diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Strategi pembelajaran merupkan suatu rencana untuk mencapai tujuan dalam kegiatan belajar dan mengajar yang menyangkut hal2 pokok agar kegiatan pembelajaran berjalan sesuai keinginan dan sebagaimana mestinyanya, hal ini tidak lepas dari peranan seorang guru yang di sebut sebagai seniman.
 metode-metode yang  di terapkan dalam kegiatan pembelajaran merupkan suatu strategi guru agar materi yg di sampai tercapai dengan baik dan di terima oleh siswanya tentu dalam setiap minggunya metode-motede  yang digunakan berbeda-beda hal ini bertujuan agar siswa yg di ajar tidak bosan dan bisa membuat siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran disini seorang guru di tuntut sebagai seorang seniman karena ia harus berpikir kreatif, innovative, dan efisien. Ini lah cerminan seorang guru yg baik.
# macam-macam strategi pembelajaran
1.      Strategi Ekspositori
merupakan strategi pembelajaran yang menitik beratkan pada proses penyampaian materi secara verbal dari guru kepada anak didiknya. Tujuan strategi yang menerapkan penyampaian materi secara verbal supaya mampu menguasai materi pelajaran dari guru sehingga mampu membawa hasil positif yaitu prestasi. Strategi ini merupakan salah satu bentuk pendekatan pada proses belajar yang berorientasi kepada guru.

2.      Strategi Inguiry
Merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menitik beratkan pada proses pemikiran secara kritis dan analitis untuk menemukan setiap jawaban dari suatu pertanyaan. Hal ini bertujuan agar siswa berpikir dari pertanyaan2 yg ada yg berpusat padasiswa guru hanya mengarahkan , member pertanyaan, dan kisi2 dr jawaban.

3.       Strategi Inquiry Sosial.
Merupkan rangkaian Strategi pembelajaran dari kelompok sosial untuk sekelompok masyarakat. Strategi ini bisanya dilakukan pada proses penyuluhan dimana seseorang menjelaskan suatu materi dengan cara terjun secara langsung pada masyarakat.dtrategi ini dulit untuk di terapkan di kelas.


Dari penjelasan diatas strategi pembelajaran no.1 dan no.2 yang kemungkinan besar kita gunakan dlam pembelajaran di sekolah menengah kejuruan. Dengan memahami ini guru akan mudah membuat strategi pembelajaran .
Strategi di atas tidaklah mutlak sebagai seorang guru harus ada pendekatan dalampembelajaran hal ini dimksud agar mudah memahami karakter siswa. Dengan pendekatan ini, siswa dapat memahami pelajaran dari gambaran besar hingga spesifik
Berikut pendekatan pembelajaran pilihan, Anda bisa menerapkannya untuk siswa Anda.
1.      KONTEKSTUAL. Pendekatan Kontekstual yaitu pendekatan pembelajaran yang memposisikan siswa sebagai pelaku. Pada pendekatan pembelajaran ini guru menuntut untuk membuat strategi pembelajaran variatif untuk mengajar siswa. Dalam kelas, peran guru adalah membantu siswa mencapai tujuannya. Guru lebih fokus memberi informasi, mengelola kelas menjadi sebuah tim, dan menemukan hal baru bagi kelas. Murid dapat belajar menemukan pengetahuan secara sendiri, tidak hanya dari kata guru semata.
2.      KONSTRUKTIVISME. Pendekatan Konstuktivisme yaitu pendekatan pembelajaran ini memiliki dasar berpikir mirip dengan pendekatan pembelajaran kontekstual namun perbedaannya terletak pada siswa diberikan stimulus pengetahuan yang lebih sering.Pendekatan ini dapat membantu siswa menyerap pengetahuan secara aktif dari proses pembelajaran sebelumnya dan pembelajaran yang baru.

3.      DEDUKTIF – INDUKTIF. Pendekatan Deduktif – Induktif yaitu pendekatan yang berbeda namun saling mendukung.Pendekatan deduktif ditandai dengan penjelasan konsep, didasari oleh pemikiran bahwa proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik bila siswa mendapatkan gambaran besar terlebih dahulu. Lalu diikuti dengan pendekatan induktif yang menggunakan data atau informasi detail untuk membangun konsep atau memberikandefinisi, dan istilah-istilah pada bagian awal pembelajaran.Pendekatan deduktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar